Surat Cinta

Senin, 30 Maret 2009

Senin malam adalah pertemuan rutin Jakarta Toastmasters Club (JTC). Aku hadir di malam itu dan duduk bersebelahan dengan teman baikku, Imung Hikmah. Dia yang berkulit gelap (hitam) manis adalah seorang perempuan yang aktif, kreatif dan penuh semangat. Karena itulah dia menjadi salah satu teman favoritku. Kami bertemu untuk pertama kalinya di bulan Februari 2006. Saat itu aku baru saja menjadi anggota Toastmasters selama enam bulan. Dan, Imung adalah peserta lomba Pidato Internasional Toastmasters untuk tingkat Area. Walaupun belum mengenalnya, aku kagum dengan kemampuannya berbicara di depan umum. Dia mampu berbahasa Inggris dengan baik dan lancar. Pidatonya yang berjudul “Sweet Revenge” mengantarkan Imung ke tingkat Divisi. Tahun itu Imung adalah pemenang kedua lomba pidato tersebut.

Persahabatan kami mulai terjalin sejak bulan September 2006. Sejak itu aku rajin berkunjung ke JTC karena Imung adalah anggota dari klub tersebut. Aku ingin belajar lebih banyak dan mengenalnya lebih dekat karena aku tahu kalau dia adalah seorang pembicara yang handal. Aku sungguh menggagumi kemampuannya dalam menyusun dan memainkan kata-kata di setiap pidatonya.

Pertemuan malam itu sangat menghibur. Ivan yang menjadi pembawa acara menyiapkan sesi khusus yang bertemakan ‘surat cinta’. Semua yang hadir mendapat kesempatan untuk menyiapkan suratnya. Surat tersebut boleh ditujukan kepada teman atau siapa saja yang kami sayangi. Aku pun merasa gembira ketika Imung diberi kesempatan untuk membacakan suratnya. Pasti isinya menarik untuk didengar, pikirku. Kata demi kata berlalu sebelum akhirnya aku sadar bahwa sebenarnya surat yang sedang dibacakannya itu adalah untukku. Sungguh sebuah kejutan yang sangat menyenangkan. Surat aslinya ditulis dalam Bahasa Inggris yang terjemahannya kira-kira begini:

Bagiku…
Kamu bagaikan sepotong kue bolu manis yang nikmat,
kamu budiman, kamu adalah ‘pai’ manisku.
Kamu selalu membuat pertemuan di JTC menjadi hangat dan ramai,
dengan gelak tawamu yang lepas dan renyah,
hi hi hi… ha ha ha… bersahut-sahutan.
Kamu makhluk penuh pesona yang menikmati gelak tawa.
Aku sayang kamu, Vina,
Aku sayang kamu.
Ayo, jangan hanya bersenandung,
berikan padaku gelak tawa hi hi hi-mu.

Salam,
Imung

Sesampainya di rumah malam itu, aku pun membaca kembali surat yang aku terima dari Imung berulang kali. Aku merasa tersanjung dengan isi suratnya yang indah dan lucu. Bertahun-tahun menjalin persahabatan dengannya, aku pun dapat merasakan bahwa isi surat yang sedang aku baca itu berasal dari lubuk hatinya yang terdalam.

Aku juga sayang kamu, Imung. Suratmu adalah hadiah terindah yang pernah aku dapatkan sejak aku bergabung dengan Toastmasters tiga setengah tahun yang lalu.

4 Balasan ke Surat Cinta

  1. Fadhilatul Muharram mengatakan:

    ciee… cinta yg bersambut nih…
    btw, Jakarta Toastmasters Club (JTC) kumpulan di bidang apa sih??

    salam,,,

  2. Vina Tan mengatakan:

    Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.
    Jakarta Toastmasters Club (JTC) adalah salah satu klub Toastmasters di Indonesia. Toastmasters adalah klub tempat kita berkumpul untuk belajar / meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi website: http://www.toastmasters.org
    Salam,
    Vina Tan

  3. imung mengatakan:

    Vina,
    sahabat manisku… aku terharu berat membaca tulisanmu yang menyanjungku begitu tinggi. Jangan terlalu tinggi, Vin. Aku belum bisa terbang, nanti jatuh, payah pula…
    Sedikit kita menyadari ya, bahwa kata kata indah kepada orang itu, sesungguhnya jika datang dari hati nurani, menjadi berjiwa, dan enaaaaak deh. Vina, with this writing, you have just opened my eyes. It is soo easy to make other people happy. May all beings be happy. May you and your family be happy. May our toastmasters club members be happy, and may Muharram who wrote the note above be happy too… but for your info, this is cinta persahabatan yang bersambut ya Mas… hehehe.

  4. Vina Tan mengatakan:

    Hi Imung,
    Thank you for being my friend. Selamat berakhir pekan! Sampai ketemu lagi di JTC.

Tinggalkan Balasan

