Yang Paling Romantis

Apa manfaat sebuah lagu bagi anda? Ketika masih kecil, ayah suka membelikan kaset lagu Inggris dan Mandarin serta musik instrumentalia. Terdorong oleh rasa ingin tahu, saya pun mulai tertarik belajar bahasa Inggris agar dapat mengerti dan menghayati lagu-lagu yang saya suka. Sedangkan untuk lagu Mandarin, jika ada kata-kata yang tidak dimengerti, yang biasanya cukup banyak, ibu adalah tempat saya bertanya.

Rasa penasaran adalah awal dari ketertarikan kita untuk mencari tahu dan menggali lebih dalam. Sejak saat itu, saya tidak pernah berhenti belajar bahasa Inggris, bahkan sampai hari ini. Sedangkan untuk bahasa Mandarin, selepas kerusuhan Mei’98, saya sempat berguru kepada tetangga yang asli Taiwan selama beberapa bulan. Jadi, kemampuan yang saya miliki saat itu cukup lumayan. Ditambah dengan sebuah kamus di tangan, cukuplah untuk menemukan arti dari kata yang masih asing bagi saya.

Memang benar, jauh lebih susah belajar Mandarin daripada Inggris. Jika belajar bahasa Mandarin dibagi atas 3 tingkatan: Pemula, Menengah dan Lanjutan, maka tingkat kemampuan saya masih tergolong Pemula. Namun demikian, hal ini tidak mengurangi rasa ingin tahu karena lagu telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan saya.

Jika dulu ayah yang sering membelikan kaset lagu untuk saya, maka saat ini beberapa CD audiophile yang saya miliki di rumah adalah hasil hunting suami. Sebagian besar adalah lagu-lagu Mandarin. Suami termasuk orang yang betah menghabiskan waktu berjam-jam nongkrong di sebuah toko musik langganan di Mal Mangga Dua. “Barang yang mau dibeli, harus dites dulu supaya tidak menyesal nantinya,” begitulah alasan suami jika sekali-kali nongkrong lama di sana.

Berbeda dengan saya, karena lebih suka di rumah dan menghabiskan waktu luang untuk membaca, mau tidak mau, suka tidak suka, saya harus percaya pada selera suami. Kebetulan selera kami tidak jauh beda. Jadi, enak juga sih. Suami yang membeli, saya yang menikmati.

Tentunya, saya tidak hanya menikmati. Secara tidak langsung, saya dapat meningkatkan perbendarahaan kata karena setiap CD selalu dilengkapi dengan sebuah buku lagu yang ditulis dalam bahasa Mandarin. Hal ini tentu saja mempermudah saya mencari tahu arti tulisan yang belum dikenal.

Bagi saya, saat yang paling tepat untuk menikmati lagu adalah ketika berada di mobil dalam perjalanan pulang pergi ke suatu tempat. Dari beberapa album yang saya miliki, ada sebuah lagu yang liriknya begitu romantis dan menyentuh perasaan. Judulnya adalah Zhui Lang Man De She (Hal yang Paling Romantis).

Lagu ini dibawakan secara duet dan bercerita tentang harapan sepasang kekasih yang ingin menghabiskan waktu bersama-sama sampai tua. Setiap kata terasa begitu berarti sampai-sampai saya tidak pernah bosan setiap kali lagu tersebut berkumandang. Kesan romantis langsung terasa saat petikan gitar dan suara perkusi yang samar-samar mengisi intro lagu. Suara suling di bagian interlude ikut menambah kesyahduan lagu.

Sampai hari ini, walaupun sudah mendengarnya lebih dari seratus kali, saya tetap dan masih menikmatinya. Lagu ini selalu membuat saya teringat akan suami. Dalam hati, saya sungguh berterima kasih kepadanya karena telah memilihkan CD tersebut.

Sayang sekali, saya tidak bisa memasukkan lagu tersebut ke dalam blog. Oleh sebab itu, jika anda ingin mendengarkannya, tolong tinggalkan alamat e-mail pada kolom ‘komentar’ yang ada di bawah judul tulisan ini. Dengan senang hati saya akan mengirimkannya kepada anda.

Sementara itu, dari pencarian di ‘youtube’, saya menemukan video lagu yang sama dengan penyanyi yang berbeda. Terus terang, kualitas suara rekaman CD jauh lebih baik daripada video tersebut. Namun demikian jika anda ingin kenal dulu dengan lagu tersebut, silakan copy paste alamat berikut ini:

http://www.youtube.com/watch?v=B5NlHAvwHng

Akhir kata, saya sertakan juga lirik lagu dalam bahasa Mandarin dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Selamat Menikmati, semoga anda juga menyukainya.

最浪漫的事

背靠着背坐在地毯上;听听音乐聊聊愿望
你希望我越来越温柔;我希望你放我在心上
你说想送我个浪漫的梦想;谢谢我帶你找到天堂
哪怕用一辈子才能完成;只要我讲你就记住不忘
我能想到最浪漫的事;就是和你一起慢慢变老
一路上收藏点点滴滴的欢笑;留到以后坐着摇椅慢慢聊
我能想到最浪漫的事;就是和你一起慢慢变老
直到我们老得哪儿也去不了;你还依然把我当成手心里的宝。

Hal yang Paling Romantis

Duduk di atas karpet punggung hadap punggung; mendengarkan musik sambil berbincang tentang impian.
Kamu ingin aku semakin hangat dan lembut; aku pun berharap selalu menjadi pujaan hatimu.
Kamu berpikir untuk mengirimkan sebuah mimpi romantis kepadaku dan berterima kasih karena telah membawamu menuju nirwarna.
Walaupun butuh waktu seumur hidup untuk mencapainya; ingatlah selalu kata-kataku ini.
Hal paling romantis yang dapat kubayangkan adalah perlahan-lahan menjadi tua bersamamu.
Sepanjang jalan penuh dengan gelak tawa hingga suatu hari nanti duduk di kursi goyang sambil bernostalgia.
Hal paling romantis yang dapat kubayangkan adalah perlahan-lahan menjadi tua bersamamu.
Saat tua nanti dan kita tidak mampu lagi melalang buana; kamu masih menganggapku sebagai pujaan hatimu.

romance[1]

A true man does not need to romance a different girl every night; a true man romances the same girl for the rest of her life. ~ Ana Alas

5 Balasan ke Yang Paling Romantis

  1. Lex dePraxis mengatakan:

    Uh.. itu gambar animasi terakhir.. sangat menyentuh.. *usap-usap mata*

    Salam revolusi romansa,
    Lex dePraxis
    Unlocked!

  2. ramadhani hoesain mengatakan:

    salam knal cc,
    jadi penasaran deh sama lagu fave’na cc itu ^^
    regards,
    dHani

  3. Derry Terran mengatakan:

    hmm kayanya romantis bgt y
    minta donk lagunya hehe
    thx be 4

  4. Gani mengatakan:

    salam kenal cie2…lagu yg sangat indah..bole bagi dong lagu nya…cie…xie2

Tinggalkan Balasan

