Mengajar Anak Jalanan

A picture speaks a thousand words. ~ An early Emperor of the Xia Dynasty in China about 4,000 years ago.

Sudah dua kali ini, setiap hari Minggu siang, putri saya, Lisa ikut mengajar anak-anak jalanan di bawah sebuah jembatan layang di daerah Jakarta Barat. Program pelayanan masyarakat ini termasuk kurikulum sekolah untuk dua puluh tujuh jam dan diadakan di luar jam sekolah. Sebagai orangtua, tentu saja saya merasa senang dan berharap hal ini akan membantu meningkatan kesadaran peduli sosial dalam diri seorang anak.

Lisa bercerita bahwa anak-anak tersebut sangat pintar berhitung. Maklum, setiap hari mereka menghitung uang yang didapat dari mengamen atau meminta di persimpangan lampu merah. Akan tetapi, tantangan terasa lebih berat jika harus mengajar mereka membaca.

Yang tidak pernah saya duga adalah saat saya menemukan foto-foto di bawah ini dalam kamera Lisa. Waktu itu saya hanya ingin melihat foto-foto yang baru di-shoot Lisa saat menyanyi di acara ‘Konser Ruang’ yang diadakan pada hari Senin yang lalu. Rasanya, foto-foto saya menjadi tidak penting lagi setelah saya ‘menemukan’ foto-foto Lisa bersama murid-murid barunya. Selanjutnya, saya pun meminta izin Lisa agar boleh memakai beberapa dari fotonya untuk dimuat dalam tulisan ini. Terima kasih, Lisa!

Saat saya bertanya, “Siapa yang menjepret saat Lisa ikut berfoto bersama mereka?” Jawabannya adalah, “ANAK-ANAK itu, Ma! Mereka ingin mencobanya.” Wow! Dalam hati, saya hanya bisa menggumam, “Tidak percuma mama membelikan tustel tersebut untukmu, Nak. Bukan keindahan fotonya yang mama suka, tetapi saat-saat penting yang terekam kamera itulah yang kelak akan mengisi lembaran kenangan hidupmu, Nak.”

IMG_9246IMG_9248IMG_9453IMG_9252IMG_9255

IMG_9456IMG_9471IMG_9476

6 Balasan ke Mengajar Anak Jalanan

  1. emmy mengatakan:

    Aduh bangga ya mama Vina, ngeliat anak dari kecil sudah mau berbagi dengan anak2 yang kurang beruntung. kalau boleh tahu lokasi mengajar ini dimana ya? Karena sekolahan dedek Dinda ada rencana mau mengadakan baksos ke tempat2 semacam ini. Apa ya kira2 yang mereka butuhkan? Sebelumya terima kasih mama Vina,atas info yang diberikan.

    • Vina Tan mengatakan:

      Terima kasih ya Jeng Emmy karena sudah mampir ke Blog dan membaca tulisan saya.
      Lokasi ada di depan Citra Land. Terus terang saya tidak tahu persis apa yang harus dipersiapkan. Sepertinya ada yayasan yang mengurusnya. Kalau tidak salah nama yayasannya adalah : Sahabat Kita.
      Semoga info ini berguna.
      Salam.

  2. emmy mengatakan:

    Yayasan Sahabat Kita ini berpusat dimana ya? Mungkin ada info tentang yayasan tersebut. Terima kasih>

  3. nikita mengatakan:

    saya buth contact personnya karna saya sedang mencari kartini muda untuk tanggal 21 april ini bisa mohon di infokan ke 085643338322 makasih…

  4. dina mengatakan:

    saya mau ikut mengajar tp saya hanya bisa sabtu-minggu dikarenakan bekerja. gmn caranya yah biar bisa ikutan?

Tinggalkan Balasan

