Memberi dan Menerima

Selesai pertemuan Toastmasters siang ini, aku dan dua orang temanku bergegas menuju Food Court Plaza Senayan untuk makan siang. Saat jam dua tepat, aku pun buru-buru pamit karena sudah ada janji lain dengan seorang teman baikku di Puri. Yeah, aku sudah mengiyakan ajakannya untuk nonton bersama jam 3 sore. Filmnya berjudul ‘The Next Three Days’ yang dibintangi oleh Russell Crowe.

Karena macet di Slipi dan sempat salah keluar gerbang tol, maka pukul 3.00 aku baru tiba di gedung bioskop. Untunglah filmnya belum dimulai. Usai nonton, kami pun duduk ngobrol sambil makan yogurt di J. Co, Puri.

“Vina, raut wajahmu tak tampak sedih ya… Padahal kamu ‘kan baru mengalami musibah karena Eric sakit.” Itulah kata-kata yang diucapkan temanku saat kami baru mulai ngobrol.

Aku hanya tersenyum dan menjelaskan bahwa walaupun baru mengalami masa-masa sulit, tapi aku tetap berusaha untuk optimis dan berpikir positif. Pasrah dan lakukan yang terbaik, itulah motto keluarga kami setiap kali berusaha keluar dari belenggu masalah. Kita tak mungkin melawan takdir, bukan? Dan, sikap kita saat menghadapi tantangan itulah yang akan membuat perbedaan.

Beberapa saat kemudian…

“Lihat, kulit mukamu juga lebih kencang dari mukaku,” tiba-tiba temanku nyeletuk.

“Oh ya?” Aku jadi bingung. Yeah, kami memang lahir pada tahun yang sama, hanya saja aku lebih tua bulan darinya. Kalau dilihat sekilas, kulit muka temanku ini juga cukup terawat kog.

Sebenarnya, aku cukup mengenal dan memahami teman baikku ini. Karena, sering kali jika ia sedang galau atau bermasalah, maka aku termasuk salah satu teman yang dimintai pendapat. Akibatnya, setiap kali diajak nonton atau makan, aku pasti tidak usah keluar uang. Sebenarnya, aku suka ngak enak juga sih. Tapi temanku ini beralasan bahwa dia sering mendapatkan nasihat yang berguna dariku sehingga aku pun tak perlu mempermasalahkan soal ‘makan atau nonton gratis’ saat dia mengajak pergi bersama.

Mungkin inilah salah satu aspek ‘memberi dan menerima’ dalam hidup bersosialisasi. Oh, betapa beruntungnya diriku!

Tinggalkan Balasan

