A Beautiful Mind

Entah apa sebabnya, tadi malam Eric memutuskan untuk menonton film ‘A Beautiful Mind’ bersama papanya. Aku sendiri sudah pernah menonton film tersebut bertahun-tahun lalu. Dibintangi oleh Russell Crowe, film tersebut menceritakan kehidupan Prof John Nash yang mengidap skizofrenia dan berjuang cukup lama melawan penyakit tersebut. Hebatnya Prof Nash memenangkan hadiah Nobel bidang Ekonomi tahun 1994.

Tidak lama setelah Eric didiagnosa menderita Depresi Psikotik oleh dokter, aku meminta suami untuk membelikan DVD film tersebut agar bisa kutonton ulang. Setelah itu, didorong oleh rasa penasaran yang lebih mendalam, aku pun mencari di google berita-berita aktual tentang Prof John Nash. Inilah enaknya hidup di era informasi, apa pun bisa  kita dapatkan lewat dunia maya.

Tanpa pemahaman yang cukup tentang penyakit skizofrenia, film ‘A Beautiful Mind’ pasti takkan mudah dicerna otak. Itulah sebabnya, saat melihat suami dan Eric mulai mengernyitkan kening mereka, aku pun ‘masuk’ sebagai pemandu.

Dalam hati, aku senang sekali Eric mau menonton film tersebut karena pasti akan memperluas wawasannya tentang penyakit yang ia derita. Depresi Psikotik dan Skizofrenia adalah dua penyakit mental yang mirip tapi tak sama. Yang pasti penderita dari kedua penyakit tersebut pasti mengalami halusinasi dan delusi atau waham.

Pengalaman membuktikan bahwa dengan pengetahuan yang cukup, tugas kita sebagai orangtua akan terasa lebih mudah dan ringan, terlebih-lebih jika sedang menghadapi masa-masa sulit.

Knowledgeable parents will definitely have the power to influence their children.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: